Wanita biasanya ingin tampil lebih cantik pada hari-hari istimewa seperti saat harus kondangan, acara reuni, hari wisuda atau saat lamaran :) Cara paling cepet untuk membuat kamu lebih cantik dalam semalam adalah dengan menggunakan masker wajah, soalnya hasilnya lebih instant daripada kalau kamu menggunakan krim perawatan wajah. Nah masker wajah ini cukup banyak jenisnya, kalau kamu sampai salah pilih malah bisa jadi bumerang. Penginnya bisa tampil lebih cantik dalam semalam, malah yang didapat bisa-bisa kulit kamu jadi kering atau jadi jerawatan.

So biar kamu nggak ngalamin mimpi buruk di hari istimewa, yuk kenali berbagai jenis masker berdasarkan bentuknya. Di sini akan aku jelaskan juga jenis masker apa yang sesuai untuk tipe kulit kamu.

Contoh Masker Wajah
Contoh Masker Wajah

1. Masker Peel-Off

Sama seperti namanya, ini adalah masker yang tidak perlu dibilas dengan washlap karena dia cuma di “kupas”. Biasanya masker ini hadir dalam bentuk gel, sehingga sering dikenal dengan masker gel. Ketika dioleskan mungkin ada sensasi dingin namun lama-lama akan terasa sangat kaku karena gel ini mengering. Nah, pada saat gel ini mengering maka seluruh kotoran dan sel kulit mati di wajah kita sudah terkunci pada masker ini. Sehingga disarankan untuk sangat berhati-hati ketika mengelupas masker ini, agar sel kulit mati benar-benar terangkat maksimal.

Masker gel memiliki keunggulan dalam mengangkat sel kulit mati atau exfoliasi dibanding jenis masker lainnya. Karena sel kulit mati dan kotoran terangkat maka masker ini juga dapat secara maksimal membantu mengecilkan pori-pori dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat jika digunakan secara rutin seminggu sekali.

Sekarang juga sedang ngetren masker pell off dengan daya ikat lebih tinggi untuk secara khusus mengangkat komedo. Kadang disebut masker komedo atau “clay mask

Cara Pakai: Oleskan pada wajah dari arah dagu ke dahi (bawah ke atas). Setelah masker mengering dan terasa kaku (20-30 menit) kupas masker secara hati-hati dan sangat perlahan dari arah luar ke dalam.

Peringatan: Jangan berbicara atau banyak bergerak saat pakai masker ini, usahakan jangan sampai permukaan masker pecah agar tidak menimbulkan garis halus. Lebih baik gunakan dengan posisi tiduran, agar gel dapat secara maksimal masuk ke pori-pori sesuai arah gravitasi bumi

Direkomendasikan: Semua jenis kulit, termasuk tipe kulit berjerawat

Dilarang: Tipe kulit sensitif yang tipis

2. Masker Topeng

Masker topeng bentuknya seperti topeng dengan lubang di bagian mata dan mulut, namun ada juga yang tidak bolong. Masker terbuat dari kertas tisu yang tebal atau kain yang elastis, tapi ada juga yang dari bahan dasar plastik menyerupai gel padat. Biasanya ketika kita membeli masker topeng atau sering disebut “paper mask” ini, di dalam kemasannya terdapat masker topeng yang terendam sebuah cairan yang agak kental. Nah, bukan topengnya yang memiliki khasiat menutrisi kulit tapi cairan kentalnya itu.

Jadi kertas topeng itu hanya sebagai media untuk menyimpan cairan nutrisi dan ketika kertas topeng itu kita letakkan di atas kulit kita maka diharapkan cairannya akan turun dan meresap ke dalam pori-pori secara intens. So pas kamu pake masker topeng ini maka kamu harus dan wajib dalam posisi tiduran terlentang agar cairan dari topeng benar-benar masuk ke pori-pori karena tarikan gravitasi :)

Keunggulan dari masker topeng ini, dia mampu menghidrasi kulit paling baik dibanding jenis masker lainnya. Kebanyakan masker anti aging hadir dalam bentuk masker topeng seperti ini. Dan hanya masker ini yang biasanya hadir dengan fitur yang paling komplit dibanding masker yg lain: mencerahkan, mengilangkan jerawat, meluruhkan sel kulit mati, menyamarkan noda hitam, anti aging, mengencangkan, mengobati kulit iritasi, melembabkan de el el.

Cara Pakai: Letakkan masker di tengah-tengah wajah lalu tarik ke sisi kanan kiri wajah secara perlahan, kemudian tekan-tekan masker sampai tidak ada gelembung udara diantara kulit wajah dan masker. Setelah 15-30 menit (atau sesuai petunjuk di kemasan) angkat dari luar ke dalam lalu pijat dan tepuk-tepuk lembut sisa cairan yang tertinggal sampe meresap. Tips aja dari aku, jika cairan masker masih banyak biasanya aku celupin tisu masker kosongan ke kemasan lalu aku simpan di kulkas dalam wadah tertutup kedap udara. Jadi bisa di pakai 2x kan. Ngirit atau pelit ya :p

Peringatan: Jangan menyimpan masker ini di dalam suhu panas. Ketika memakai masker ini kamu harus tiduran. Ketika hendak memakai masker ini, jangan memeras maskernya tapi justru biarkan tetap basah.

Direkomendasikan: Semua jenis kulit sesuai label di kemasan ya

Dilarang: Untuk kulit berminyak dan berjerawat harus notice labelnya, jangan ambil yang labelnya anti aging atau collagen dijamin ntar muka kamu malah jadi kilang minyak dan jerawat jadi lebih subur

Itu tadi udah aku jelaskan tentang masker jenis pell off dan masker topeng, sebenarnya masih ada 2 jenis masker lagi, yaitu masker bubuk dan masker pasta. Tapi untuk artikel kali ini sementara cukup sekian dulu ya, soalnya jari udah keriting semua nih :) Sambil menunggu artikel lanjutannya kamu bisa liat-liat dulu toko online yang jual masker wajah seperti Sociolla.com misalnya, biar bisa langsung liat contohnya :) Kamu bisa dapatkan macam-macam masker wajah di sini, semuanya lengkap sesuai dengan keperluan kamu.

Memang banyak toko kosmetik online yang jual berbagai jenis masker wajah, tapi belum tentu bisa dipercaya. Untuk urusan kosmetik, sebaiknya kamu pilih toko yang udah terpercaya yach. Kamu gak mau kan ada masalah dengan kulit atau wajah kamu hanya gara-gara kosmetik palsu atau kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.

Stay tuned ya girls, tunggu artikel selanjutnya kalau kamu masih penasaran, hehe. See u

Addien

Addien

Artikel ini ditulis oleh Fajrina Addien di Stawbelly.Com. Silahkan mencantumkan link sumber dan penulis jika ingin mengutip artikel ini. Hargai hasil karya orang lain, kami tidak segan melaporkan tindakan plagiasi jika memang diperlukan. Thanks
Addien

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz