Nah artikel ini adalah lanjutan  (Part.2)  dari artikel sebelumnya yang membahas tentang cara menghentikan ketergantungan kulit wajah dari krim dokter atau klinik kecantikan yang mengandung steroid / HQ. Jadi kalau kamu tau tau terdampar di artikel ini, biar lebih afdol tolong klik link berikut untuk membaca Part 1 nya ya:  “7 Langkah Menghentikan Ketergantungan Dari Krim Dokter & Klinik Kecantikan (Part.1)”  . Okay kalau gitu mari kita lanjutkan

5. Ganti Kekosongan Skin Care Kamu
Jika kamu sudah berhenti pakai semua krim dokter, mungkin yang harus segera kamu isi adalah sunblock. Sunblock dengan SPF minimal 30 adalah wajib hukumnya. Pilih sunblock yang ringan dan cocok untuk kulit berjerawat dan sensitif. Jangan buru-buru ganti skincare yang mengandung whitening. Biarkan kulit beradaptasi dulu, biarkan dia kalem dulu dari segala keluhan yang sedang muncul. Atau sementara cari rangkaian perawatan dengan ingredient lidah buaya (*Aloe Vera) yang memang untuk menenangkan. Atau jika kamu sensitif dengan Alovera , bisa ganti dengan Evoo seperti aku. Gunakan Evoo (Minyak zitun murni) sebagai cleansing oil, make-up remover dan krim malam. Sedangakan untuk paginya gunakan sunblock dan bedak tabur (Kalau aku pakai Marcks).

Mungkin setelah berhenti total dari rangkaian perawatan dokter/klinik, kamu butuh waktu paling cepat kira-kira 1 minggu dan paling lama … aku nggak yakin kapan paling lamanya, maaf. Tapi kalau hasil sharing dengan teman-teman untuk menormalkan kulit kembali setelah lepas krim dokter/klinik kecantikan, paling lama ada yang menjawab butuh waktu sampai 3 bulan. Tergantung sudah berapa mereka perawatan, dosis yang sudah dipakai dan faktor ketahanan kulit juga.

Tapi tidak sedikit juga karena waktu yang dibutuhkan kulitnya untuk kembali netral terlalu lama akhirnya ia terjebak dalam lingkaran setan, kembali ke dokter / klinik kecantikan lagi. Memang dibutuhkan kesabaran ekstra, menahan rasa malu karena muka tidak sebening biasanya atau kebulatan tekad agar tidak putus asa kembali ke dokter lagi.Nah anggap saja setelah kulit wajah sudah tenang dan kembali normal tanpa ada keluhan gatal, perih, panas, bersisik atau jerawat meradang kini saatnya kita mulai pencarian panjang untuk menemukan skincaremu. Diperlukan Try n Error. Jangan pernah putus asa, banyak wanita di luar sana sedang mencari skincare yang tepat untuk mereka, percaya atau tidak, aku secara pribadi sampai sekarang masih merasa skincare aku belum ada yang benar-benar tepat. bahkan sampai terpikir membuat Quote:

Menemukan Skincare Yang Tepat Tidak Lebih Mudah dari Menemukan Pria Untuk Dinikahi. Butuh Pengorbanan Waktu, Tenaga, Pikiran dan Biaya – Addien Stawbelly.com

6. Konsumsi Suplemen atau Vitamin Kulit Jika Perlu
Selain menjaga pola makan, makan banyak buah dan sayuran kamu juga bisa mengonsumsi suplemen kulit untuk membantu menangkal radikal bebas dan penyembuhan dari dalam. Setidaknya sampai kondisi kulit wajah sudah kembali normal.

7. Kebersihan Adalah Kunci Utama
Mungkin ini terdengar remeh nggak ngaruh, tapi percayalah jika kamu ingin wajahmu bebas masalah kuncinya bukan hanya wajah yang bersih tapi juga meliputi kebersihan diri.

Untuk kebersihan wajah:
1. Bersihkan wajah minimal 2x sehari terutama setiap selesai beraktifitas dan berdebu-debu.
2. Gunakan Milk Cleanser atau Evoo atau Cleansing oil terlebih dahulu sebelum mencuci muka, jika perlu kamu bisa memakai alat bantu cumuk. Kalau aku pakai Sikat Pembersih wajah setiap mencuci muka . gunakan toner sesudahnya. Segera aplikasikan pelembab dan acne lotion setelah membersihkan wajah.

Untuk kebersihan diri:
1. Mandi minimal 2x sehari
2. Jika kamu pengendara motor, selalu gunakan masker wajah dan selalu ganti masker kamu maksimal 1x sehari.
3. Keramaslah 2 hari sekali atau setidaknya tidak sampai rambut kamu terasa lepek berminyak,
4. Selalu ikat rambut  dan poni kamu jika kulit kamu sedang meradang atau berjerawat. Ingat rambut kotor adalah tempat berbagai debu dan kuman menempel.
5. Cuci sarung bantal maksimal seminggu sekali karena kuman pada rambut kotor yang menempel pada bantal merupakan salah satu pemicu masuknya kuman pada kulit yang meradang dan menyebabkan jerawat.
6. Selalu cuci tanganmu dan jangan pernah memegang wajah dengan tangan kotor. Apalagi pencet-pencet jerawat dan komedo.

Okay, sepertinya cukup begitu dulu ^.^ semoga kalian bisa tetep keep fight! jangan putus asa jangan menyerah.
Sebagai sedikit penyemangat kamu, Aku dulu juga perawat disebuah klinik kecantikan sejak umur 19th tapi lama-lama aku berfikir, kenapa krim malamnya harus disimpan di kulkas dan jika teroksidasi dengan udara, dia berubah warna jadi coklat apalagi hanya boleh dipakai selama 2 jam. Aku sering ketiduran sampai pagi, kadang udah beredar di komplek walaupun belum cuci muka sejak pakai krim malam semalem. Bahkan setiap pakai krim malamnya malah mukaku jadi belang-belang besoknya, tiap bulan harus facial, antrinya luama dan sekali facial ma dokter digiring ke yang 200K minimal, setiap pulang facial 1-2 jerawat gede pasti nongol. :( Akhirnya aku memutuskan berhenti, karena sepertinya ada yang tidak beres denganku. Aku juga bertemu dokter yang mau meresepkan obat drugstore waktu itu, jadi proses move onnya lebih easy. Cek artikelku tentang perawatan kulit sensitif.
*nggak semua dokter, tidak bertanggung jawab dengan memberikan obat racikan dengan ingredient berbahaya.

Alhamdulillah sekarang kulitku malah bisa jauuuuh lebih baik dari saat aku perawatan di klinik itu. Memang yang paling mengerti dan menyayangi diri kita, adalah kita sendiri. Aku jadi tahu banyak hal tentang merawat kulit berdasarkan try n error. Bisa berbagi juga dengan kalian ^.^ percayalah, badai pasti berlalu

Addien

Addien

Artikel ini ditulis oleh Fajrina Addien di Stawbelly.Com. Silahkan mencantumkan link sumber dan penulis jika ingin mengutip artikel ini. Hargai hasil karya orang lain, kami tidak segan melaporkan tindakan plagiasi jika memang diperlukan. Thanks
Addien

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz