Setelah lega melahirkan anak, sekarang giliran buda pusing ngecilin perut yang buncit. Udah pengen eksis pake baju2 jaman sebelum hamil juga kan? *eh curcol :p sama aku juga dulu setelah melahirkan, bawaannya pengen langsung langsing aja. Secara BB gua naik 22Kg *hadeh. Tapi berhubung baby aku guede 4Kg, akhirnya disesar juga. Akhirnya galau, tanya mertua ato orang2 tua taunya yang cara mengecilkan perut tradisional yang pake stagen ma jamu2an. Tapi untuk wanita melahirkan sesar hal2 seperti itu dilarang. Lalu kemana wanita seperti kita mencari rujukan tentang mengecilkan perut setelah melahirkan secara caesar / sectio yang tentunya aman bagi bekas luka jahitan.

weight-loss-after-pregnancyPasti bunda juga udah browsing sana-sini cuman nemu artikel yang kurang aplikatif dalam pelaksanaannya, bahkan di website2 yg memang khusus utk bunda2, disana hanya berisi teori2 belaka. Tapi kali ini beda, team stawbelly.com akan bantu kamu, BASED ON MY TRUE STORY. karena niatnya bener2 pengen berbagi pengalaman. Sekarang aku sudah kembali ke berat badan semula sebelum hamil, perutku juga kembali kencang. (walo nggak sekencang pas masih perawan bgt :p tapi better lah y). Cekidot!

Prinsipnya untuk wanita yang melahirkan sesar, hal pertama yang harus diperhatikan adalah luka sesar. Jangan memaksakan diri. Oke?

1. Menyusui Eksklusif 6 bulan, dan diteruskan MPASI sampai 2 tahun

Ketika hari ke-dua biasanya bayi rawat gabung dengan bunda, sejak saat itu bunda sudah dapat langsung menyusui. Ini bukan semata-mata karena saya anggota AIMI jadi mempromosikan ASI eksklusif, tapi memang benar adanya bahwa menyusui eksklusif itu adalah tips paling efektif untuk mengencangkan perut kembali. Karena ketika bayi menyusu, maka rahim akan berkontraksi  (Memang awalnya setiap menyusui, perut rasanya mules-mules….tapi nggak seberapa kok) dan jika terus menerus terjadi maka rahim segera kembali ke bentuk semula.

Tapi ASI aku nggak keluar? Banyak mom yang beralasan seperti itu. Ayolah bunda, semangatlah. ASI saya juga keluar di hari ke 3 itu aja dikit banget dan mulai lancar dihari ke 5. Yah, kalo melahirkan cesar memang ASInya tidak keluar secepat yang melahirkan spontan. Jadi sabar aja, terus susui baby bunda. Makin sering baby menghisap payudara maka produksi ASI semakin cepat. Memaaaaang,,,,putingnya bisa cobek dan berdarah *curcol. Tapi semangatlah!!!!! Demi baby dan bayangkan tubuhmu bisa segera kembali langsing.

Aduh, ntar payudara aku kendor nggak kenceng lagi kalo menyusui? Sudah kodrat wanita untuk melahirkan dan menyusui bayi mereka. Dan bohong, jika banyak artikel mengatakan payudara tidak akan melorot jika kita menyusui….saya jawab IYA, tentu saja menjadi kendor. Tapi tenang bunda, setelah bunda selesai menyusui 2 tahun. Payudara bisa sedikit sedikit naik kembali, bunda juga bisa melakukan exercise dengan instruktur senam atau fitness nya bunda. Jangan lupa, sekarang sudah banyak yg jual bra / kamisol yang membantu menaikkan payudara.
Pilih mana, payudara kencang tapi perut dan badannya Guede Ato payudara kendor tapi badan dan perut langsing. —> Toh setelah menyusui payudara bisa naik lagi dan bonusnya Baby sehat, cerdas dan tidak mudah sakit (*seperti baby ken)
Mana yang lebih kasat mata bunda??? *eaaa kaya konselor LAKTASI aja.kwkwkwk

2. Campur Air Kapur Sirih, Tapel, Kayu Putih dan Perasan Jeruk Nipis Dengan Gurita (Grita)

Setelah bunda pulang dari rumah sakit, tips ini bisa langsung dikerjakan. Tapi ingat jangan membalurkan campuran tadi di atas bekas luka jahitan. Gurita?! bunda jangan khawatir, berdasarkan pengalaman pribadi aku, gurita ini malah bikin perut jadi nyaman. Perut jadi nggak nggloyor2 yang menyebabkan jahitan kegeser2. Buat jalan juga lebih enak. Pasang guritanya jangan kendor banget yah,,,,tapi jangan kenceng banget juga.

3. Biasakan postur tegap saat berjalan dan duduk

Memang jahitan terasa perih, tapi cobalah sedikit demi sedikit untuk tidak jalan membungkuk dan duduk dengan tegap di kursi. Caranya tarik bahu kebelakang dan tarik perut ke dalam. Ya sebisa bunda saat itu, jangan dipaksakan ntar lama2 juga sakit nya berkurang dan menjadi terbiasa dengan Postur tubuh yang baik dan tegap.

4. Konsumsi Makanan Bergizi dan Rendah Kalori

Sebagai ibu menyusui, pasti mudah lapar yah apa lagi kemarin pas hamil banyak pantangan makan ini dan itu pasti pengen balas dendam. Tapi bunda harus ingat, tetap jaga pola makan. Pilihlah makanan yang bergizi selain baik untuk berat badan juga baik untuk kualitas ASI bunda. Jika tengah malam bunda merasa lapar, konsumsi makanan yang mengenyangkan tapi rendah kalori, seperti kentang, singkong, roti gandum ato Outmeal, jangan makan yang manis2 dan kurangi makan gorengan.

5. Banyak Minum Air Putih

Oke segini dulu, ntar dilanjutkan pada post berikutnya. Biar ndak kebanyakan. Yang diatas tadi Tips yang langsung bisa dikerjakan ketika bunda sudah pulang dari rumah sakit, tidak perlu menunggu kondisi jahitan mengering. Langsung kerjakan aja ya bund. Nah, ntar di posting berikutnya baru kita bahas Tips melangsingkan tubuh bagi wanita yang melahirkan sesar setelah kondisi luka jahitan operasi membaik minimal 1 minggu. So pantengin terus Stawbelly.com. Semoga bermanfaat untuk bunda2 semua yaa ^.^

Kamu juga harus baca infomasi yang tidak kalah penting untuk wanita hamil:

  1. Harus diperhatikan sejak awal dinyatakan hamil : Tips Mencegah Stretch Mark!!! (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)
  2. Bahan Kosmetik yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil !!!
  3. Review Koyo Pelangsing Perut Korea: MYMI Wonder Patch (Belly Wing)
Addien

Addien

Artikel ini ditulis oleh Fajrina Addien di Stawbelly.Com. Silahkan mencantumkan link sumber dan penulis jika ingin mengutip artikel ini. Hargai hasil karya orang lain, kami tidak segan melaporkan tindakan plagiasi jika memang diperlukan. Thanks
Addien

Leave a Reply

2 Comments on "Pengalaman Menurunkan Berat Badan Setelah Operasi Caesar Secara Alami (1)"

Notify of
avatar
wynneee

hallo sistaa .. mau curcol nihh ? ak uda sebulan ngelahirin nih, tp perut nya masih buncit, trus jga ak ga nyusuin baby ku krna dia pnya klainan d bbir nya jd pake sistem pompa gtu. kira2 masih bisa mengecil lg ga yah rahim n perut ku? trus kayak air kapur sirih n stagen tuh beli d mana yah sis ? kalo lukanya uda kering, bisa pake korset d perut buncit dket lukanya ga yah ? thanks siss

wpDiscuz