Maybe sedikit absurd, karena ada kata menghemat waktu. Tapi sebenarnya tidak sedikit orang yang merasa belanja bulanan bikin capek dan menguras waktu karena harus milih mana yang lebih bagus antara ini dan itu saking banyaknya pilihan, bandingin mana yang lebih murah antara roti A dan B, harus ke toko/pasar/swalayan tertentu yang konon tempatnya butuh jarak tempuh yang lumayan lama dan bermacet-macetan. Termasuk saya dan suami saya yang sudah malas bercapek-capek ria untuk hunting kebutuhan rumah tangga. T.T Bisa jadi terjebak pada Implusive Buying dengan kalimat pembenaran “mumpung lagi disini”-karena tempat belanja jauh tadi atau dengan pembelaan “Mumpung Lagi Diskonan” karena merasa tempat belanja itu jarang ngasih diskon dan jauh dari jangkauan. Apakah kamu termasuk yang saya bahas disini? Yuk kita simak bareng tips dari saya secara pengalaman pribadi

  1. Catat dan Rencanakan Pembelian Beberapa Hari Sebelumnya
    Mungkin ini tips yang klasik tapi tetep asyik dibahas, saya sendiri secara pribadi menerapkannya bersama suami saya. Catatlah beberapa hari atau tepat saat kebutuhan rumah tangga tertentu habis, untuk memperkecil kemungkinan terlupa. Lebih baik jangan mencatat di kertas, karena pasti bisa hilang. Saya  menggunakan Notes App dengan fitur Check List.  Sebelumya saya dan suami menggunakan “Wunderlist” yang bisa terhubung. Jadi saya dan sumi bisa menambahkan sama-sama ke check list di Wunderlist dan saat belanja berpisah kami bisa mencentang barang yang masing-masing kami dapat dan langsung update ke Handphone kami masing-masing. Tapi lama-lama saya males, karena check list yang saya inputkan sering menghilang dihapus suami, Katanya belum butuh. OMG. ^.* saya langsung ganti halauan  menggunakan “Google Keep”.
  2. Dapatkan Katalog dari Tempat Belanja Yang Akan Kamu Tuju
    Sekarang sudah banyak website yang menyediakan katalog untuk minimarket dan supermarker, kamu bisa langsung search di google misalnya untuk contoh kamu gunakan keyword “Katalog Alfamart Mei 2016” (*Alfamart bisa kamu rubah dengan nama supermarket favoritmu)
    Dengan adanya katalog kita bisa menyusun strategi belanja, karena tidak sedikit promo yang menggiurkan di katalog seperti beli ini gratis itu, beli ini minimal segini dapat itu atau beli sepaket ini itu dapat harga yang tulisannya lebih murah. Disinilah otak kita harus bekerja untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya. Jika dalam katalog ada barang yang kita perlu langsung dilingkari dengan asas subtitusi (Penggantian merk dengan jenis yang sama,misalnya biasanya memakai pewangi A, tapi lagi ada diskon pewangi B yang jatuhnya lebih murah) dan kemudian baru melirik diskon yang lain. Kira-kira masih ada kemungkinan besar dibutuhkan, silahkan saja dilingkari tapi kalau cuma sekedar iseng pengen nyoba mending langsung tinggalin aja.
  3. Dengan Pertimbangan Jarak, Perhitungkan Efisiensi Biaya Tambahan
    Biaya bensin, biaya parkir, biaya makan dan biasanya kalau tujuannya jauh, tidak jarang semua anggota ingin ikut. Khususnya yang sudah beranak pinak dan pinaknya banyak bisa jadi biaya tambahannya itu lho. Mereka main nyelonong aja masukin ini itu ke keranjang belanja. Setelah lelah shopping, banyak juga yang tujuan berikutnya makan-makan karena lapar atau sekedar ingin istirahat.Kalau seluruh sanak keluarga yang ikut lapar lah bisa-bisa biaya makan&biaya sekalian-sekaliannya itu lebih banyak dari biaya kebutuhan rumah tangga yang sudah direncanakan dengan matang.
  4. Pisahkan Kepentingan Refreshing dan Belanja Kebutuhan Rumah Tangga
    Kasusnya hampir sama dengan point ke-3 hanya saja dibarengin dengan perasaan ingin refreshing alias ingin menyenang-nyenangkan hati. Pasti ketika sedang belanja dan mendapati sesuatu yang menarik diluar check list akan muncul pikiran “Ah…tidak apa-apa saya ambil ini, sekali-kali saja lagian untuk apa bekerja jika tidak menikmati hasilnya. Toh juga barang kecil ini”. Tapi sikap seperti ini pasti akan berakhir dengan implusive buying. Mulai sekarang atur ulang jadwal kamu.Batasi personil belanja dan mulai move on ke yang lebih dekat.Lalu agar misi jalan-jalan sekeluarga tidak dobel biaya dengan point no.3, Ajak seluruh keluarga untuk refreshing sekedar nonton film, atau berlibur kepuncak. Jadi alokasi dana bisa tepat sasaran.
  5. Belanjalah Pada Hari Week End
    Sekarang sudah banyak swalayan dan supermarket yang memberlakukan diskon dan promo khusus tambahan lagi yang terkadang diluar katalog hanya pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Seperti supermarket langganan saya, mereka menyebutnya promo JSM.
  6. Miliki Kartu Member dari Tempat Belanja Favoritmu
    Setelah kamu move on ke tempat yang lebih dekat, kini saatnya kamu mendaftar menjadi member. Biasanya ada promo dan diskon khusus untuk member.

Sebelum menyadari fenomena belanja bulanan seperti yang saya sebutkan diatas, saya biasa ke Mall yang ada Hypermart atau Carrefournya. Tapi sekarang kami memutuskan untuk move on ke minimarket dekat rumah saja “Alfamart”, Sehingga alokasi waktu untuk refreshing dan jalan-jalan dapat lebih berkualitas dan menyenangkan.

CBjcUIuUkAAtsrKBelanja di minimarket seperti “Alfamart” bagi kami cukup ideal, jarak yang dekat memangkas banyak biaya tak terduga, kalau lapar ya langsung pulang saja tidak perlu jajan. Para pramuniaganya juga lebih ramah, bahkan mereka bisa mengingat merk susu atau pempers apa yang biasa kami beli, sehingga mereka mengingatkan jika lagi ada promo, Antrian kasir tidak panjang. Parkir gratis dan nggak ribet bawa barang belanjaan dari toko ke mobil. Kami bahkan memiliki kartu member Alfamart “AKU Ponta” agar dapat merasakan manfaat dari  keuntungan member Alfamart . Hanya share aja, bulan lalu saya mendapat cash back 10% dari pembelian susu chil-kid baby ken yang dapat dicairkan pada pembelian ke-8. Untuk lebih jelasnya bisa kalian klik link berikut  keuntungan member Alfamart.

Nah demikian tips kecil dari saya, belanja kebutuhan rumah tangga bisa menjadi ringan dan menyenangkan jika kamu sudah tahu medannya, dekat dan pastinya yang ngasih banyak keuntungan. Thanks For Reading. \(^.^)/

Addien

Addien

Artikel ini ditulis oleh Fajrina Addien di Stawbelly.Com. Silahkan mencantumkan link sumber dan penulis jika ingin mengutip artikel ini. Hargai hasil karya orang lain, kami tidak segan melaporkan tindakan plagiasi jika memang diperlukan. Thanks
Addien

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz