Setelah sebelumnya stawbelly membahas tentang review sunblock, SPF dan bahaya sinar matahari untuk kesehatan. Lalu, beberapa waktu lalu ada reader stawbelly.com yang mengeluh bahwa wajahnya kini muncul flek flek hitam walaupun dia jarang keluar rumah. Tapi dia adalah pengusaha katering, yang tentu saja selalu terpapar hawa panas dari api kompor. Dia bertanya apakah pekerjaannya yang membuat wajahnya kini muncul plek hitam karena terlalu sering berada didekat / di depan kompor? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah tabir surya dengan SPF 45 bisa membantunya?

Hm…Sebelum kita menjawab pertanyaan diatas, mari kita pelajari lagi apa saja penyebab munculnya flek hitam diwajah yang memang sebenarnya bukan hanya paparan UV pada sinar matahari yang menyebabkan flek hitam, masih banyak yang lainnya.
Eh tapi sebelumnya, yang stawbelly bahas ini bukan flek hitam dari bekas jerawat atau bekas luka ya. Jadi flek hitam yang kita bahas disini adalah flek hitam yang muncul tiba-tiba misalnya sun spot, bintik hitam, flek coklat pada area wajah tertentu bukan karena jerawat atau luka. Okey, sudah mengerti ya, Yuk kita simak! Berikut ini pemicu timbulnya flek hitam.

1. Sinar Matahari
Pada pos sebelumnya Kulit Sehat Vs Matahari sudah aku bahas tentang bahayanya secara mendetil dari UV A, UV B, UV C. Dan yang berperan menimbulkan flek hitam diwajah adalah UV B.

Penanganan flek hitam / sunspot karena pengaruh matahari:
Hindari paparan sinar matahari dan menggunakan sunblock minimal SPF 30. Sedangkan untuk menghilangkan flek hitam yang disebabkan oleh matahari ini atau sering disebut sun spot, kamu bisa mengunjungi skin care atau dokter kulit untuk melakukan peeling, microderbamasi, couter atau yang lebih instan dengan laser. Karena flek hitam jenis ini kecil kemungkinannya hilang hanya dengan terapi alami atau krim, harus dikikis atau diambil.

Wajib baca artikel terkait tabir surya:
-Perbedaan krim wajah, pelembab dan sunblock
-Review Sunblock untuk kulit sensitif dan favorit stawbelly
Apa arti jumlah SPF pada kosmetik kamu?

2. Hormon Kehamilan
Tahukan kamu tubuh ibu / moms akan memproduksi lebih banyak hormon tertentu untuk menunjang tumbuh kembang janin; hormon HCG, hormon HPL, hormon Relaxin, estrogen, progesteron dan MSH.
Nah flek hitam/ melasma/ topeng hamil akan mmuncul ketika ada peningkatan tajam dalam produksi estrogen, progesteron dan MSH sehingga merangsang produksi melanin berlebih atau dikenal sebagai hiperpigmentasi. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik yang terlihat lebih gelap yang sering dikenal dengan melasma pada kehamilan atau Topeng Hamil. Paparan sinar matahari turut memperburuk kondisi kulit moms. Meskipun demikian kabar baiknya warna vlek ini bersifat sementara dan biasanya menghilang setelah melahirkan atau dalam beberapa kasus setelah Anda selesai menyusui.

Penanganan flek hitam/ topeng kehamilan pada masa kehamilan:
Gunakan sunblock dengan SPF 30 dan Konsumsi banyak Asam Folat. Makanan yang mengandung asam folat termasuk sayuran berdaun hijau, jeruk, roti gandum, dan sereal gandum. Selain berperan dalam membentuk kecerdasan untuk janin, asam folat juga mencegah terjadinya hiperpigmentasi dari dalam tubuh.

Wajib baca artikel terkait ibu hamil:
Bahan Kosmetik yang Berbahaya Untuk Kehamilan
Mencegahlah Stretch Mark Harus Dilakukan Sejak Usia Kehamilan 1 Bulan
Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan Sectio/ Sesar

3. Pil KB / Pil Kontrasepsi
Adalah kontrasepsi untuk wanita yang berbentuk pil/tablet di dalam strip yang berisi gabungan hormon estrogen dan hormon progesteron atau yang hanya terdiri dari hormon progesteron saja.
Meskipun ada beberapa penelitian menyebutkan pil KB turut andil dalam penyembuhan jerawat secara signifikan, namun tetap saja tidak menutup kemungkinan akibat penambahan hormon progesteron dan estrogen menyebabkan produksi melanin berlebih namun karena biasanya dosis kecil maka tidak akan langsung muncul pada saat pemakaian pertama, biasanya 1-2 tahun kemudian. Tapi jangan khawatir, tidak semua wanita bereaksi sama pada penggunakan kontrasepsi berjenis pil KB. Ada juga yang tetap mulus wajahnya meskipun sudah lama menggunakan Pil KB

Penanganan flek hitam karena Pil / Obat KB:
Sebagai penggantinya, Moms bisa menggunakan KB IUD seperti saya dan jangan lupa selalu gunakan tabir surya, agar paparan sinar matahari tidak merangsang pembetukan melanin jadi lebih aktif lagi. Meskipun butuh waktu yang lama tapi pasti akan berkurang setelah konsumsi pil KB dihentikan.

4. Obat-obatan
Coba kamu telusuri lagi penyebab flek wajah kamu, bisa jadi karena saat ini kamu sedang mengonsumsi obat yang mengandung difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin. Kandungan obat ini akan tertimbun di lapisan kulit dermis dan secara tidak langsung merangsang adanya proses hiperpegmentasi. Apalagi jika kamu sering terpapar sinar matahari secara langsung, akan membuat proses pembentukan flek hitam semakin lebih cepat daripada mereka yang tidak mengonsumsi obat-obatan diatas meskipun mereka tidak menggunakan sunblock.

Penanganan flek hitam akibat mengonsumsi obat:
Hentikan pemakaian jika memungkinkan atau mintalah dokter kamu memberikan obat alternatif yang bebas dari bahan atau kandungan obat penyebab flek hitam seperti diatas. Jangan lupa selalu gunakan sunblock minimal SPF 30. Lama kelamaan akan berkurang sendiri jika pemakaian obat dihentikan.

5. Keturunan Secara Genetik / Ras (hispanik dan golongan kulit berwarna gelap)
Ini sudah lazim jika ada anggota keluarga yang memiliki masalah flek atau hiperpigmentasi maka 20-70% akan diturunkan pada keluarganya dan kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ini sudah keturunan.

Penanganan flek hitam karena keturunan:
Kabar baiknya, buat kalian yang berkulit gelap kalian memiliki ketahanan tubuh lebih baik dalam menghalau radiasi buruk sinar matahari. Tingkat kebutuhan penggunaan sunblock atau pelindung paparan sinar matahari tidak setinggi/ se-urgent mereka yang berkulit terang.
Jadi cintai dirimu apa adanya dan tetap gunakan tabir surya agar tidak terkena kanker kulit dan menjadi lebih parah.

6. Kosmetik
Saya menyaksikan sendiri, bagaimana orang terdekat saya memiliki banyak sekali sun spot (bintik hitam/ flek hitam) pada tulang pipi. Pasalnya dia hobby sekali memakai blush on di sana.Setiap hari!! Atau tidak jarang kita temui wanita berbibir sangat gelap meskipun warna kulitnya terang walaupun dia bukan seorang perokok. Yap, beberapa make-up kita cenderung membuat permukaan kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari khususnya yang berwarna warni seperti blush on/ perona pipi dan Lipstik atau lebih dikenal dengan istilah photosensitivity / fotosensitivitas.

Penanganan flek hitam/ dark spot akibat penggunaan make-up:
Gunakan blush on dan lipstick dengan tabir surya ber-SPF minimal 30 jika perlu sebelum memakai make-up gunakan sunblock. Jika memungkinkan lebih baik jangan menggunakan make-up yang memiliki pigmen berwarna spt blushon dan lipstik, ketika akan berada lama di bawah terik matahari.

7. Berada terlalu lama didepan kompor
Hawa panas api yang dikeluarkan dari tungku kompor membuat suhu udara disekitarnya tinggi, jika kulit kamu terpapar hawa panas secara terus menerus tidak menutup kemungkinan kulit wajah kamu jadi rusak kehilangan kelembaban, kolagen dan parahnya memicu timbulnya flek2 hitam dan warna gelap tidak merata / hiperpigmentasi.

Jadi jawabannya, Ya! Memasak dan berlama-lama didepan oven kompor/ api akan menjadi salah satu pemicu munculnya flek hitam dan warna gelap tidak merata.

Penanganan flek hitam karena sering / terlalu lama memasak didepan kompor:
Jaga sirkulasi udara didapur, agar suhu ruangan tidak terlalu tinggi. Jika perlu pasanglah penyedot asap dapur atau sering dikenal dengan cookerhood. Cooker Hood mampu meminimalisir persebaran hawa panas yang dikeluarkan oleh api tungku kompor. Jika kamu memang harus beraktifitas lama didepan kompor, kamu bisa menggunakan masker. Oleskan krim pelembab atau jika ingin yang alami gunakan lidah buaya yang sudah disimpan didalam lemari es agar kulit tidak ikut terpanggang saat kamu berlama-lama memasak. Tidak ada salahnya kamu mengompres wajahmu dengan es sesekali di tengah kegiatan memasakmu yang lama.

Memang ada beberapa dokter juga menganjurkan penggunaan sunblock/ tabir surya sebelum memasak. Saya secara pribadi belum bisa menjelaskan secara ilmiah bagaimana sunblock bisa melindungi kulit dari hawa panas api kompor. Tapi tidak ada salahnya mencoba.

Okey, dear aku rasa segini dulu. Jika ada yang kalian kurang jelas bisa jejak komen dibawah ya. Akan dibalas semampunya :) kalo nggak mau ketinggalan update infonya langsung subscribe aja di side bar sebelah kanan ini ya. terimakasih sudah berkunjung dimari. :*

Addien

Addien

Artikel ini ditulis oleh Fajrina Addien di Stawbelly.Com. Silahkan mencantumkan link sumber dan penulis jika ingin mengutip artikel ini. Hargai hasil karya orang lain, kami tidak segan melaporkan tindakan plagiasi jika memang diperlukan. Thanks
Addien

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz