Begini ya, artikel ini mungkin terlihat sepele buat yey yey yang udah lama berkecimpung di dunia kosmetika retorika kwkwkwk. Tapi tetep saja aku harus membuat artikel ini.

Karena suatu hari ketika aku sedang memberikan kuliah di salah satu grup sosmed (eaaaa*, gaya beud) tentang Matahari VS Kulit Sehat dan sedang membahas tabir surya, tidak sedikit yang tanya:
apakah tabir surya / sunblock / sunscreen itu sama dengan krim wajah yang biasa mereka pakai di pagi hari?

Beda Krim Pagi, Pelembab Wajah dan Tabir Surya
Beda Krim Pagi, Pelembab Wajah dan Tabir Surya

Saya sudah pakai pelembab wajah dari Ponds, apakah saya masih harus pakai tabir surya? Apakah parasol (sunblock) bisa mengobati / menghilangkan bekas jerawat saya? (*Eh bagi yang merasa pernah bertanya ke saya seperti itu di sosmed ato BBM jgn tersinggung, ini saya jadikan studi kasus saja). Bahkan ada incoming keyword di blog ini dg tag “Parasol (Sunblock) untuk malam hari”. Yuk kita bahas lebih detil.

Secara garis besar, dari kalimatnya saja kita sudah tau bedanya antara pelembab, krim wajah, krim pagi dan tabir surya. Tapi karena orang Indonesia masih menggunakan satu kata untuk menggambarkan produk yang bahkan sekarang sudah berkembang dengan pesat. Seperti penggunaan kata pelembab dan krim wajah. yuk kita simak satu per satu:

Krim wajah : bunda sista, dari namanya saja udah tau kan? krim wajah adalah krim yang dioles ke wajah. Semua yang dioles kewajah disebut krim wajah. termasuk krim pagi, day cream, krim malam, night cream, krim pelembab, moisturizer cream bahkan sunblock pun termasuk di dalam kategori krim wajah.

Sunblock / Suncream / Sunscreen / tabir surya adalah krim pelindung kulit dari sengatan sinar matahari. Karena lapisan ozon semakin rusak, maka UV yang dipancarkan matahari semakin merusak muka bumi bahkan permukaan kulit kita. (Baca artikel ku tentang Bahaya Sinar Matahari Untuk Kulit) Maka semakin ke sini, semakin banyak wanita yang menyadari betapa pentingnya melindungi kulit dengan tabir surya. Akhirnya sekarang banyak dikenal berbagai merk tabir surya. Aku juga selalu pakai sunblock setiap keluar rumah. (Baca review sunblock fav aku)

Jadi sunblok itu hanya berfungsi sebagai pelindung kulit dr UV, dia tidak bisa mencegah, menyembuhkan, mengatasi atau mengobati jerawat. Atau menghilangkan bekas jerawat. Tapi dengan memakai sunblock, kita melindungi jerawat kita biar tidak meradang dan melindungi bekas jerawat kita biar tidak menghitam.

Sunblock juga tidak bisa mencerahkan, memutihkan wajah atau menghilangkan bintik hitam / flek hitam tak beraturan di wajah, tapi dengan pemakaian sunblock kita bisa mencegah pembentukan melanin yang membuat wajah kita menghitam dan gosong. Dengan sunblock juga kita bisa mencegah warna kulit menjadi tidak rata, muncul flek hitam maupun bintik hitam / coklat yang seperti tahi lalat kecil di wajah.

Tapi sebaliknya, untuk mengobati jerawat, mencerahkan kulit, menghilangkan flek dan bekas jerawat itu biasanya ditawarkan pada produk pelembab wajah, krim pagi dan krim malam.

Pelembab Wajah adalah seperti namanya, krim ini berguna untuk menghidrasi kulit, melembabkan dan menutrisi kulit. Jaman nenek aku masih muda, dan jaman aku SMP yang aku tau itu namanya cuman pelembab wajah. Hehehe, pokoknya tiap pagi sebelum pergi keluar rumah pakenya pelembab wajah. Ya dipakai sebagai alas bedak. Kwkwkwkw.

Yah bisa juga sekarang itu disebut sebagai krim pagi, karena dipakai dipagi hari. Tapi karena produsen kosmetik sekarang semakin kreatif maka tidak sedikit yang menambahkan fitur tabir surya sebagai keunggulan mereka. Tapi perhatikan dengan hati-hati apakah pada kemasan produk dicantumkan berapa SPF? (Ketahui makna SPF di handbody, day cream ato lipstick kamu di artikel ku >> ini <<) Jika tidak ada keterangan berapa SPF.. wooo tinggalkan saja.

Tapi jika kamu tetap ingin memakai pelembab atau krim pagi tanpa fitur tabir surya, maka kamu bisa menambahkan tabir surya pada tahap skin care terakhirmu sebelum memakai foundation atau bedak.

Kesimpulan: Sekarang sudah banyak krim pagi / pelembab yang sudah sekaligus mengandung tabir surya. Namun jika pada kemasan pelembab / krim pagi mu tidak ada keterangan SPF atau tabir surya, maka kamu bisa menambahkan Tabir Surya.

Addien

Addien

Artikel ini ditulis oleh Fajrina Addien di Stawbelly.Com. Silahkan mencantumkan link sumber dan penulis jika ingin mengutip artikel ini. Hargai hasil karya orang lain, kami tidak segan melaporkan tindakan plagiasi jika memang diperlukan. Thanks
Addien

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz